Peran Guru BK Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Di MTs. Negeri 1 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022

Zahra, Putri Luthfiyah (2022) Peran Guru BK Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Di MTs. Negeri 1 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - Cover.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Putri Luthfiyah Zahra - Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (557kB)

Abstract

Salah satu dari berbagai masalah yang muncul di tiap sekolah yaitu kasus bullying. Permasalahan perilaku bullying yang terjadi di MTs Negeri 1 Deli Serdang yaitu bullying verbal, dimana siswa masih banyak yang belum mengetahui bentuk maupun dampak yang dihasilkan dari perilaku bullying verbal. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Deli Serdang, adapun penelitian ini bertujuan. 1. Mendeskripsikan bagaimana bentuk perilaku bullying yang ada di MTs Negeri 1 Deli Serdang 2. Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok yang telah dilakukan guru BK terhadap perilaku bullying di MTs Negeri 1 Deli Serdang. 3. Mendeskripsikan apa yang menyebabkan peserta didik melakukan perilaku bullying di MTs Negeri 1 Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa dan guru BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif guna mendeskripsikan peran guru BK. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dengan analisis data dari penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, yang mana analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru BK terhadap perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok sangat berpengaruh terhadap perilaku bullying verbal siswa yang dulunya sering menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara maupun bercanda kini bisa lebih memperhatikan tutur kata dalam berbicara maupun bercanda dengan temanteman. Implikasi layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying berupa layanan responsive meliputi konseling individu, kolaborasi wali kelas, bimbingan teman sebaya yang diintegrasikan dalam program bimbingan dan konseling di MTs Negeri 1 Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, perilaku bullying
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:48
Last Modified: 18 Jan 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16931

Actions (login required)

View Item View Item