Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Pop-Up Di Raudhatul Athfal Hidayatus Shibyaan

Audiva, Viska (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Pop-Up Di Raudhatul Athfal Hidayatus Shibyaan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER..pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir simbolik adalah anak mulai menggunakan simbol- simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya. Fungsi simbolik adalah tahap awal dalam proses berpikir pra operasional AUD, yang dimana anak mulai mengembangkan kemampuan dalam mengimajinasikan objek yang tidak berada di hadapannya. Dalam penelitian ini, pendekatan dan metodologi yang akan digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (action research). Penelitian tindakan kelas adalah sebuah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan dalam suatu situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan penelitian yang dilakukan mulai pada Pra siklus, Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa rata-rata anak mengalami peningkatan. Peningkatan pada kemampuan berpikir simbolik anak memperlihatkan bahwa dengan menggunakan media pop-up dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak. Juga dapat dilihat bahwa jumlah anak yang berhasil terus meningkat setiap siklus dan pertemuan.2. Penelitian Tindakan dengan media Pop-up book dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di RA Hidayatus Shibyaan. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan anak mulai dari masa prasiklus hingga siklus II penelitian ini. Kemampuan anak meningkat secara signifikan berturut-turut 10%, 40% dan terkahir 85% dengan jumlah peningkatan sebanyak 17 anak dari total 20 populasi pada akhir siklus II, sementara itu sebanyak 3 anak sudah mencapai tahap mulai berkembang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Simbolik. Media Pembelajaran, Pop-up Book.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:50
Last Modified: 05 Jan 2023 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item