Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Abjad Anak Usia 5- 6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Vii Purnama Sari Desa Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak

Batu Bara, Nurul Hidayah Br (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Abjad Anak Usia 5- 6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Vii Purnama Sari Desa Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca abjad di Dusun VII Purnama Sari Desa Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak, dan mengidentifikasi peran orang tua dapat meningkatkan kemampuan membaca abjad anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah orang tua siswa di Dusun VII Purnama Sari Desa Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak. Analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Teknik penjamin keabsahan data didasarkan pada empat kategori yaitu uji kredibilitas (kepercayaan), transferabilitas (keteralihan), depenbilitas (ketergantungan) dan konfirmabilitas (kepastian), diuji secara triangulasi. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemajuan membaca abjad menjadi meningkat, karena bantuan peran orang tua yang penuh perhatian dalam mendidik dan membimbing anaknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai raport anak pada aspek perkembangan bahasa yang terdapat kosakata anak bertambah, adapun beberapa anak yang berkembang sesuai dengan harapan dimana orang tuanya yang sudah mendidiknya dengan maksimal dari situ dapat kita lihat bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca abjad anak usia 5-6 tahun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Abjad, Peran Orang Tua
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Jan 2023 05:04
Last Modified: 05 Jan 2023 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16844

Actions (login required)

View Item View Item