Peran Peer Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 38 Kecamatan Medan Marelan.

Hidayanti, Meli (2021) Peran Peer Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 38 Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV (2).pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran mandiri yang dilakukan selama pandemi menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan kurangnya interaksi dan diskusi antar teman sebaya sehingga siswa tidak tertarik dengan pembelajaran. Komunkasi yang baik diantara teman sebaya berkurang karena kebanyakan guru terus menerus memberi tugas secara mandiri atau individu. Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Daring yang dibuat untuk menyesuaikan pembelajaran secara daring, memanfaatkan Peer Group dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 38 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Peer Group dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas, bagaimana peran guru dalam membina Peer Group, serta tanggapan siswa tentang adanya Peer Group pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan subjek yang disebut dengan informan, yaitu guru mata pelajaran IPS, dan siswa kelas IX- 4, IX-5, dan IX-7 SMP Negeri 38 Medan yang diambil secara Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket (kuisioner). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran Peer Group di kelas lebih menarik sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Berdasarkan hasil penelitian, fakta, dan teori yang diperoleh sehingga dinyatakan bahwa Peer Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Menunjukkan bahwa teman sebaya (peer group) dapat dilatih untuk membantu pencapaian akademik, mengurangi perilaku-perilaku negatif, meningkatkan keterampilan bekerja dan belajar, dan melatih keterampilan interaksi sosial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Group, Mata Pelajaran IPS, Motivasi Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:31
Last Modified: 05 Jan 2023 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item