Minat Belajar Matematis Siswa dari Keluarga Broken Home

Anggraini, Dwinita (2020) Minat Belajar Matematis Siswa dari Keluarga Broken Home. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar pada pelajaran matematika siswa dari keluarga Broken Home di SMP Swasta PAB 23 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan jenis pendekatan studi kasus terhadap 4 siswa sebagai subjek. Pendekatan studi kasus digunakan untuk menginterpretasikan suatu kasus yang ingin di teliti. Pendekatan ini digunakan untuk meneliti khususnya keluarga broken home yaitu keluarga yang tidak utuh sebab salah satu dari orangtua pada keluarga tersebut meninggal atau telah bercerai. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta penjamin keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-empat subjek memiliki minat belajar yang berbeda-beda. Terdapat 3 indikator seseorang dapat dikatakan memiliki minat pada suatu pembelajaran, diantaranya: (1) Perasaan senang dalam mengikuti pembelajaran; (2) Adanya kemauan atau kecenderungan pada diri subyek untuk melakukan kegiatan; (3) Adanya pemusatan perhatian dari subyek karena tertarik. Berdarkan indikator yang telah di uraikan dapat disimpulkan bahwa minat belajar yang dimiliki dari ke-empat siswa sebagai subjek peneliti berbeda-beda. Dimana siswa I memiliki minat yang rendah, siswa P memiliki minat yang sedang, dan siswa A dan siswa D memiliki minat yang tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Broken Home
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:21
Last Modified: 05 Jan 2023 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item