Strategi Guru BK dalam Manajemen Konflik Selama Pembelajaran di SMP Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Fitri Sakinah (2022) Strategi Guru BK dalam Manajemen Konflik Selama Pembelajaran di SMP Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER FITRI SAKINAH HARAHAP BARU.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I FITRI SAKINAH HARAHAP.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II FITRI SAKINAH HARAHAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III FITRI SAKINAH HARAHAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV FITRI SAKINAH HARAHAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V FITRI SAKINAH HARAHAP.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FITRI SAKINAH HARAHAP OK.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian Irfan Ardian (2014), menunjukkan bahwa kepala sekolah mengoptimalkan manajemen konflik dengan memahami hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik setiap individudengan mengadakan buku pembinaan yang dikhususkan untuk guru dan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis- jenis konflik siswa di SMP Negeri 1 Barumun, faktor-faktor konflik di SMP Negeri 1 Barumun dan strategi guru BK untuk mengatasi konflik siswa.Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru BK. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan berdasarkan analisis triangulasi. Hasil penelitian: 1) Jenis-jenis konflik di sekolah pada siswa merupakan jenis konflik pribadi dan kelompok yaitu antara guru dan siswa, siswa senior dan adek kelas, absen dan tawuran di luara lingkungan sekolah konflik pribadi dan konflik yang terjadi pada masalah diri siswa yang menimbulkan sebuah kesalahpahaman membuat hubungan di antara keduanya menjadi tidak harmonis. 2) Faktorpenyebab terjadinnya sebuah konflik di sekolah ialah adanya sebuah kesalahpahaman yaitu dari sebuah perbedaan yang terjadi antara dua belah pihak sehingga pihak berkelanjutan dengan tidak adanya kecocokan yang membuat siswa tidak merasa nyaman di sekolah. 3) Strategi guru BK dalam mangatasi konflik di sekolah ialah melalui layanan mediasi, pelaksanaan layanan mediasi sebagai strategi guru BK dalam mengatasi konflik di sekolah juga sudah terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar, hanya saja belum ada jam khusus untuk diberikan kepada guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling yaitu layanan mediasi. Dapat disimpulkan konflik siswa terjadi antar individu dan kelompok, bersumber dari kesalahpahaman. Strategi guru BK dengan layanan mediasi dapat mengatasi konflik di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, konflik siswa, individu, kelompok, layanan mediasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:25
Last Modified: 30 Dec 2022 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16776

Actions (login required)

View Item View Item