Pengembangan Media Busy Book Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I Mis Aisyiyah Wil Sumut

Mahyuni, Sri (2022) Pengembangan Media Busy Book Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I Mis Aisyiyah Wil Sumut. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKAl.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adanya media dalam pembelajaran memudahkan guru untuk menarik perhatian siswa, membangkitkan keingintahuan, minat baru,serta dapat merangsang proes berpikir dan mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I Mis Aisyiah Wil Sumut,Selain itu adalah untukmendapatkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif.Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model desain pembelajaran ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Mis Asyiyah Wil Sumut yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu melalui lembar vaidasi (uji validitas), lembar angket (uji kepraktisan) dan tes kemampuan berhitung (uji keefektifan). Hasi penelitian mengungkapkan penilaian oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,33% dengan kategori “sangat valid” dan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata – rata sebesar 88,63% dengan kategori “sangat layak”.Dan berdasalkan hasil penilaian oleh ahli praktisi sebesar 90,07% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian untuk uji kepraktisan oleh para peserta didik mendapatkan pesentase rata-rata nilai sebesar 81,62% dengan kategopri sangat praktis”. Hasil N- Gain sebesar 0,62 berkategori sedang dengan tafsiran keefektifan cukup efektif. Berdasarkan hasil temuan diatas sebaiknya guru lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran yang telah ada atau menciptakan media pembelajaran baru untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Busy Book, kemampuan berhitung, media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:14
Last Modified: 23 Dec 2022 06:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16731

Actions (login required)

View Item View Item