Mahyuni, Sri (2022) Pengembangan Media Busy Book Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I Mis Aisyiyah Wil Sumut. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. Cover (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Bab I.pdf Download (529kB) |
|
Text
3. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (247kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKAl.pdf Download (3MB) |
Abstract
Adanya media dalam pembelajaran memudahkan guru untuk menarik perhatian siswa, membangkitkan keingintahuan, minat baru,serta dapat merangsang proes berpikir dan mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I Mis Aisyiah Wil Sumut,Selain itu adalah untukmendapatkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif.Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model desain pembelajaran ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Mis Asyiyah Wil Sumut yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu melalui lembar vaidasi (uji validitas), lembar angket (uji kepraktisan) dan tes kemampuan berhitung (uji keefektifan). Hasi penelitian mengungkapkan penilaian oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,33% dengan kategori “sangat valid” dan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata – rata sebesar 88,63% dengan kategori “sangat layak”.Dan berdasalkan hasil penilaian oleh ahli praktisi sebesar 90,07% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian untuk uji kepraktisan oleh para peserta didik mendapatkan pesentase rata-rata nilai sebesar 81,62% dengan kategopri sangat praktis”. Hasil N- Gain sebesar 0,62 berkategori sedang dengan tafsiran keefektifan cukup efektif. Berdasarkan hasil temuan diatas sebaiknya guru lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran yang telah ada atau menciptakan media pembelajaran baru untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Busy Book, kemampuan berhitung, media pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 06:14 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 06:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16731 |
Actions (login required)
View Item |