Pengembangan (LKPD) Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas 3 SD Negeri 058250 Perdamaian

Nurliyani, Nurliyani (2022) Pengembangan (LKPD) Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas 3 SD Negeri 058250 Perdamaian. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (848kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Bab 2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari suatu materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas 3 SD Negeri 058250 Perdamaian pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE sugiyono diadopsi melalui Robert Maribe Branch. Sampel yang digunakan berjumlah 22 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji kevalidan, uji kelayakan dan nilai n-gain. Temuan penelitian ini bahwa pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator ahli media dan ahli materi dinyatakan valid memperoleh nilai materi sebesar 4,53 dan ahli media 4,2. Maka dapat dikatakan bahwa keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Media pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian dinyataka praktis, diperoleh dari 22 peserta didik dan guru setelah menggunakan produk memperoleh 65,53 dalam kategori sangat praktis. Media pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi perkalian dinyataka efektif, dilihat dari nilai n-gain memperoleh perbedaan hasil sebelum dan sesudah menggunakan produk terjadi peningkatan rata-rata dari 61,59 menjadi 88,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis saintifik untuk meningkatkan pemahaman pada materi perkalian sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media LKPD ini memiliki kekurangan dan kelebihan, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pemahaman Matematika, Saintifik, Perkalian
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:08
Last Modified: 23 Dec 2022 06:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item