Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs. Al-Munawwarah

Syahputri, Eka (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs. Al-Munawwarah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB)

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperati Tipe Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number terhadap hasil belajar siswa diMts Al-Munawwarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al-Munawwarah kelas VIII tahun ajar 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Al-Munawwarah yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa sedangkan kelas VIII –B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan pretest dan postest berupa pilihan berganda sebanyak 30 butir soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number adalah pretest sebesar 51,32 dan postest sebesar 82,4sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Konvensional adalah pretest sebesar 43,56 dan postest sebesar 72,52. Berdasarkah hasil analisis nilai thitung> ttabel yaitu 7,78083 > 2,0008 pada taraf α 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number pada materi sistem gerak pada manusia dikelas VIII Mts Al-Munawwarah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Media Choose Number, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 05:15
Last Modified: 23 Dec 2022 05:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item