Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia

Cahyati, Aini (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI AINI.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I AI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II AI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III AI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV AI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V AI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara guru dalam membelajarkan mata pelajaran matematika di kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia, (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang di alami siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia, (3) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif deskriptif yang berupa data- data tertulis maupun lisan dari orang-orang yang berkaitan. Responden dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah,guru kelas V dan siswa kelas V SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan,, analisis dan penarik kesimpulan. Dari hasil penelitian, menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika di karenakan, kesulitan secara fisik yaitu gangguan pada penglihatan siswa, lingkungan belajar siswa yang kurang kondusif, kesulitan dalam memahami materi,dan daya tangkap siswa yang berbeda. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi mengatasi keslitan belajar matematika yaitu pertama, dalam menyampaikan materi ajar menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga. Kedua, setiap pemberian soal-soal disesuaikan dengan kemampuan siswa yakni memberi soal yang mudah dimengerti siswa kemudian secara bertahap siswa diberi soal yang rumit, dan yang Ketiga Pemberian reward.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru dan Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 05:43
Last Modified: 22 Dec 2022 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16701

Actions (login required)

View Item View Item