Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Syahfitri, Rahmawati (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Bab Cover rahmawati.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Bab I rahmawati.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Bab II rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] Text
Bab III rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Bab IV rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
Bab V rahmawati.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan lampiran rahmawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

0,000<0,05. a 0 Kata kunci: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar ABSTRAK Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS” yang dilatarbelakangi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial masih rendah dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode konvensional, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental (eksperimen semu). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test.Hasil dalam penelitian menunjukkkan bahwa (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 43,57 dan post test sebesar 77,38. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diterapkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning diperoleh nilai rata-rata pada pre test sebesar 45,68 dan post test sebesar 84,54. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga H diterima dan H ditolak karena 0,000<0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:08
Last Modified: 21 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16670

Actions (login required)

View Item View Item