Perbedaan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching

Khoirus, Yoga Feby (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik sampel acak klaster (Cluster Random Sampling) dan didapat 2 kelas yakni kelas VIII-1 yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dan kelas VIII-2 diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Analisa data menggunakan analisis varian (ANAVA) dan telah terpenuhi prasyarat sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil post-test menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara hasil kemampuan berpikir logis matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan Fhitung = 7,58413 dan nilai Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,00687 yang berarti Fhitung > Ftabel sehingga menolak Ho dan menerima Ha; (2) Tidak Terdapat perbedaan antara hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Dengan Fhitung = 0,027783 dan nilai Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,006873 yang berarti Fhitung < Ftabel sehingga menerima Ho dan menolak Ha.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:34
Last Modified: 20 Dec 2022 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item