Pengaruh Penerapan Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di MIS TPI Sumber Rejo Kec. Batang Serangan Kab. Langkat.

Ananda, Chofifah Khairi (2022) Pengaruh Penerapan Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di MIS TPI Sumber Rejo Kec. Batang Serangan Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover dan Lainnya New.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran Kartu Domino, 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kartu Domino, 3) Pengaruh yang signifikan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dasar. pembahasan pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MIS TPI Sumber Rejo Kec. Serangga Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu dengan menggunakan media Kartu Domino pada kelas eksperimen, skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 80,86 sedangkan pada kelas kontrol adalah 56,60. Dari hasil observasi kedua sampel diperoleh selisih sebesar 24,26. Dari data yang diperoleh, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disebabkan karena pembelajaran dengan media Kartu Domino menarik dan menyenangkan bagi siswa kelas IV SD, dengan media Kartu Domino memudahkan anak dalam memahami dan mengingat pembelajaran, dan media ini sangat mempengaruhi semangat belajar anak. Berdasarkan uji-t diketahui bahwa pengaruh penerapan media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS TPI Sumber Rejo diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 8,512 > 2,066, dengan demikian Ha adalah diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media Kartu Domino terhadap hasil belajar Siswa kelas IV MIS TPI Sumber Rejo kec. Batang Serangan tahun ajaran 2021/2022.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Domino, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:28
Last Modified: 19 Dec 2022 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16638

Actions (login required)

View Item View Item