Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I MIS Islamiyah Londut Kab. Labuhan Batu Utara

Lesiani, Popy (2022) Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I MIS Islamiyah Londut Kab. Labuhan Batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, Pernyataan Keaslian, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Popy.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Popy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III Popy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Popy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Popy.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa kelas I MIS Islamiyah Londut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment (eksperimen semu) berjumlah 58 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas I-A dan I-B. instrument penelitian berupa tes, yaitu pos-tes sebanyak 20 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media visual di kelas I MIS Islamiyah menunjukkan bahwa sudah terjadi peningkatan pemahaman dengan nilai tes rata-rata sebesar 35,6 dan meningkat pada saat post test menjadi 69,1. 2) Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan media visual di kelas I MIS Islamiyah Londut menunjukkan bahwa sudah terjadi peningkatan pemahaman dengan nilai tes rata-rata sebesar 35,6 dan meningkat pada saat post test menjadi 85,1. 3) Thitung > Ttabel yaitu 16,162 >1,296. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas I MIS Islamiyah Londut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Media Visual, Pretest-Posttest
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 13:18
Last Modified: 16 Dec 2022 13:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16628

Actions (login required)

View Item View Item