Lesiani, Popy (2022) Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I MIS Islamiyah Londut Kab. Labuhan Batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, Pernyataan Keaslian, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Popy.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II Popy.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB III Popy.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV Popy.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V Popy.pdf Download (544kB) |
|
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa kelas I MIS Islamiyah Londut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment (eksperimen semu) berjumlah 58 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas I-A dan I-B. instrument penelitian berupa tes, yaitu pos-tes sebanyak 20 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media visual di kelas I MIS Islamiyah menunjukkan bahwa sudah terjadi peningkatan pemahaman dengan nilai tes rata-rata sebesar 35,6 dan meningkat pada saat post test menjadi 69,1. 2) Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan media visual di kelas I MIS Islamiyah Londut menunjukkan bahwa sudah terjadi peningkatan pemahaman dengan nilai tes rata-rata sebesar 35,6 dan meningkat pada saat post test menjadi 85,1. 3) Thitung > Ttabel yaitu 16,162 >1,296. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas I MIS Islamiyah Londut.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Media Visual, Pretest-Posttest |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 13:18 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 13:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16628 |
Actions (login required)
View Item |