Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Swasta Tulis Bagan Asahan

Rahmadani, Rahmadani (2021) Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Swasta Tulis Bagan Asahan. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER RAHMADANI (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I RAHMADANI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II RAHMADANI ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
BAB III RAHMADANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV RAHMADANI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V RAHMADANI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAPUS RAHMADANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ipa di sd swasta tulis bagan asahan; 2) hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ipa dengan menggunakan metode demonstrasi di sd swasta tulis bagan asahan; 3) pengaruh metode demonstrasi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ipa di sd swasta tulis bagan asahan. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental (quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas V SD Swasta Tulis Bagan Asahan, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA (Kelas kontrol) dan kelas VB (kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi), analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis atau uji-t. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ipa siswa yang menggunakan metode demonstrasi (siswa kelas VB) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional (siswa kelas VA). Adapun nilai hasil belajar yang diperoleh siswa yang menggunakan metode demonstrasi nilai tertinggi yaitu 95, nilai terrendah yaitu 75 dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,1428571. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh sisw yag menggunakan metode konvensional nilai tertinggi yaitu 80, nilai terrendah 50, dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 61,00000. Dan hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 menyatakan bahawa diterimanya Ha dan ditolaknya H0. Maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ipa di SD Swasta Tulis Bagan Asahan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi dan hasil belajar siswa kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:55
Last Modified: 16 Dec 2022 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16623

Actions (login required)

View Item View Item