Peran Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Belajar Daring di MAS PAB 1 Sampali

Rahmah, Maulida (2021) Peran Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Belajar Daring di MAS PAB 1 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang yang ada di MAS PAB 1 Sampali yang menunjukkan terdapat siswa yang tingkat resiliensi siswa belajar daring rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan resiliensi siswa belajar dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resiliensi siswa belajar daring sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok, untuk megetahui bagaimana resiliensi siswa belajar setelah mendapat layanan bimbingan kelompok, dan untuk mengetahui peran bimbingan kelompok dalam meningkatkan resiliensi siswa belajar daring. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan menggunakan dua siklus. Adapun alasannya menggunakan jenis penelitian ini adalah karena penulis ingin menggali secara maksimal dan mendalam tentang meningkatkan resiliensi siswa belajar daring melalui pemberian layanan bimbingan kelompok. Maka dengan demikian data yang akan dikumpulkan dalam penelitian berupa angka dan informasi mengenai resiliensi siswa belajar daring di MAS PAB 1 Sampali. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat peningkatan resiliensi siswa belajar daring pada 7 siswa pada siklus I sudah mengalami perubahan sebesar 70%, namun belum mencapai target yang diharapkan sebesar 75- 100%. Pada siklus II sudah terjadi perubahan sebesar 90% dalam hal ini hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siklus I sudah mencapai target yang diharapkan yakni 75-100%. Hal ini menunjukkan bahwa resiliensi siswa belajar daring yang dialami siswa di kelas X IPA telah mengalami peningkatan setelah dilakukan bimbingan kelompok pada siswa. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: Peran Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Belajar Daring di MAS PAB 1 Sampali dapat diterima artinya layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan resiliensi siswa belajar daring padasiswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Resiliensi, Belajar Daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:34
Last Modified: 14 Dec 2022 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item View Item