Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tip Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas IV MIN 3 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022

Siregar, Siti Hafsah (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tip Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas IV MIN 3 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN 3 Deli Serdang. 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS materi sikap kepahlawanan dan patriotisme di kelas IV MIN 3 Deli Serdang. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS materi sikap kepahlawanan dan patriotisme di kelas IV MIN 3 Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIN 3 Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan dilihat dari nilai rata-rata siswa pada saat pra-siklus sebesar (60,35%), 2) Penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 3 Deli Serdang berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) setelah menggunakan model Make A Match hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata (71,25%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata (83,75%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:05
Last Modified: 14 Dec 2022 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item