Wahyuni, Neni Nita (2022) Hubungan Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa di YP MTs Hidayatussalam Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover_Neni Nita.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB1_NENI NITA.pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB2_NENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
|
Text
BAB3_NENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text
BAB 4_NENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
Text
BAB 5_NENI.pdf Download (488kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_NENI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Manajemen Kelas di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan, 2) Motivasi Belajar Siswa di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan, dan 3) Hubungan Manajemen kelas dengan Motivasi belajar siswa di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan. Sampel penelitian ini siswa di Yayasan Perguruan MTs Hidayatussalam Medan dengan jumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, dan linearitas. Teknik analisis data digunakan korelasi sederhana pada taraf signifikansi = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Sebaran skor Manajemen kelas (X) sebanyak 5 orang (16,67%) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 10 orang (33,33 %) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 15 orang (50%) di atas rata-rata, 2) Sebaran skor Motivasi belajar siswa (Y) sebanyak 7 orang (23,33 %) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 9 orang (30%) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 14 orang (46,67%) di atas rata- rata, dan 3) Koefisien korelasi antara variabel Manajemen kelas (X) dengan Motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,967 dengan demikian hubungan keduanya tergolong kuat dan koefisien determinasinya sebesar 0,935 artinya Manajemen kelas (X) memberikan pengaruh terhadap Motivasi belajar siswa (Y) sebesar 93,67%. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 20,140 sedangkan nilai t tabel = 2,042. Oleh karena t hitung (20,140) > t tabel (2,042), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Manajemen kelas dengan Motivasi belajar siswa MTs Hidayatussalam Medan dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 45,533 + 0,589 X..
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 03:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 03:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16599 |
Actions (login required)
View Item |