Persepsi Guru Tentang Supervisi Akdemik Kepala Sekolah Di MTS Persiapan Negeri 4 Medan

Wara, Suci Hayati (2022) Persepsi Guru Tentang Supervisi Akdemik Kepala Sekolah Di MTS Persiapan Negeri 4 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah di MTsPN 4 Medan. Yang dilatarbelakangi bahwa persepsi guru sangat penting untuk menunjang kinerja kepala madrasah dalam melakukan tugasnya salam satunya adalah melakukan pelaksanaan supervisi akademik di MTsPN 4 Medan. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah serta mendeskripsikan persepsi guru mengenai supervisi akademik kepala madrasah. Partisipan yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu merupakan wakil kepala madrasah bagian kesiswaan yang juga mengajar sebagai guru dan juga salah satu guru lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap pelaksanaan supervisi akademik kepala MTsPN 4 Medan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepala MTsPN 4Medan melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan baik. Salah satu tugas tersebut adalah dengan melakukan supervisi akademik di MTsPN 4Medan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru. Selain itu dari dampak negatif yang ditemukan pada penelitian ini yaitu melihat kinerja kepala MTsPN 4Medan masih terdapatnya suatu kekurangan dikarenakan kepala MTsPN 4Medan sering sekali memerintahkan wakil kepala madrasah untuk menjalankan tugasnya. Berdasarkan temuan dari penelitian di atas menyimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala MTsPN 4 Medan sesuai dengan prosedur akan tetapi masih terdapat kekurangan yang harus dievaluasi oleh kepala madrasah untuk dapat menunjang kinerja nya sendiri sehingga dapat menciptakan mutu yang baik terhadap lembaga pendidikan yang telah di pimpin oleh kepala MTsPN 4 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Akademik, Madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:35
Last Modified: 14 Dec 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item