Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Quantum Learning Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Pembelajaran 2021-2022

Tanjung, Ainun Mardiah (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Quantum Learning Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Pembelajaran 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 AINUN.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB 2 AINUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 AINUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB 4 AINUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 AINUN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftar Pustaka fix.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning(CTL) dan Quantum Learning pada materi program linear kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman, 2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siwa yang diajar dengan model pembelajaraan kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning(CTL) dan Quantum Learning pada materi program linear kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman, 3) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan berpikir kritis Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaraan kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning(CTL) dan Quantum Learning Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman tahun pembelajaran 2020-2021 yang berjumlah 127 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara pruposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CTL dan Quantum Learning pada materi pokok program linear kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman dengan Fhitung = 6,266 > Ftabel pada taraf (a=0,05) = 4,007; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CTL dan Quantum Learning pada materi pokok program linear kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman denganFhitung=0,535<Ftabel pada taraf (a=0,05) = 4,007; 3)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CTL dan Quantum Learning pada materi pokok program linear kelas XI SMA Negeri 1 Air Joman dengan Fhitung = 5,175 > Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,923. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa lebih baik diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) daripada model pembelajaran kooperatif tipe Quantum Learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:02
Last Modified: 12 Dec 2022 06:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item