Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Cherry Medan

Karmila, Karmila (2022) Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Cherry Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (516kB)

Abstract

Sosial emosional anak usia dini merupakan proses belajar anak bagaimana berhubungan dengan orang lain sesuai dengan aturan sosial yang ada dan anak lebih mampu mengendalikan perasaannya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan agar perkembangan sosial emosional pada PAUD Cherry Medan yaitu implementasi metode bercerita. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui implementasi metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional di PAUD Cherry Medan pada tahun ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menjelaskan mengenai implementasi metode bercerita untuk mengembangan perkembangan sosial emosional di PAUD Cherry Medan. Teknik pengambilan data menggunakan metode Observasi lapangan, wawancara dan metode dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita, gambar gambar dan boneka tangan yang dilakukan sebanyak satu kali dalam satu minggu, dengan anak dapat mencapai perkembangan sosial emosional diantaranya anak mampu bersikap kooperatif, bersikap toleran, mengekspresikan emosi, memahami peraturan dan disiplin, mengenal tata krama dan sopan santun. Adapun kesulitan dalam penerapan digolongkan kepada kekurangan dalam penggunaan metode media yang digunakan tidak variatif hingga mudah membuat anak menjadi bosan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:45
Last Modified: 12 Dec 2022 05:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item