Selingan Mengatasi Kejenuhan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MIS Al-Afkari Batang Kuis Kecamatan Deli Serdang

Khodijah, Siti (2022) Selingan Mengatasi Kejenuhan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MIS Al-Afkari Batang Kuis Kecamatan Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER .pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (975kB)

Abstract

Keefektifan pembelajaran dapat tercapai dengan adanya keaktifan siswa di kelas dan dapat diukur dengan tercapainya tujuan pembelajaran. Keefektifan belajar tidak akan dapat tercapai jika salah satu masalah terbesar di kelas yaitu kejenuhan belajar siswa belum dapat dihadapi. Sehingga perlu adanya penanggulangan terhadap kejenuhan belajar dengan memberikan selingan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran selingan mengatasi kejenuhan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MIS Al-Afkari Batang Kuis. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis secara induktif. Teknik analisa data terdiri dari, reduksi data, trianggulasi data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa untuk menanggulangi masalah kejenuhan belajar dapat diatasi dengan menggunakan selingan belajar guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari semangat belajar siswa dikelas setelah pemberian selingan oleh guru. Bentuk-bentuk selingan yang biasa digunakan guru ialah ice breaking, yaitu dengan bermain sambil belajar, menyanyi dan gerak anggota badan, dan intermezzo. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam melakukan selingan yaitu penyesuaian waktu antara pemberian selingan dan pencapaian tujuan belajar dan perlunya kretivitas tinggi oleh guru dalam melakukan selingan. Sedangkan kendala dari segi siswa adalah kondisi fisik siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Selingan Belajar, Kejanuhan.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:51
Last Modified: 12 Dec 2022 04:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item