Pengaruh Model Probem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematik Dikelas VII MTsP Negeri 4 Medan T.A 2021/2022

Fatin, Nabila (2022) Pengaruh Model Probem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematik Dikelas VII MTsP Negeri 4 Medan T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover .pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB V...pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan bepikir belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika cukup memprihatinkan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas tatap muka terbatas pada kegiatan menyimak dan berceramah saja. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah swasta Persiapan Negeri 4 Medan dengan jumlah sampel 37 siswa kelompok uji eksperimen I atau yang diajarkan menggunakan Model Probem Based Learning dan 37 siswa kelompok eksperimen II atau yang diajar menggunakan Model Project Based Learning . Teknik pengambilan Cluster Random Sampling . Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Adanya pengaruh secara signifikan pada Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII MTsP Negeri 4 Medan. (2) Adanya pengaruh secara signifikan pada Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII MTsP Negeri 4 Medan. (3) Adanya pengaruh secara signifikan pada Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII MTsP Negeri 4 Medan. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, layak untuk diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Dec 2022 05:03
Last Modified: 08 Dec 2022 05:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16527

Actions (login required)

View Item View Item