Peran Suprvisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan

Siregar, Zahra Rafia Rani (2022) Peran Suprvisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ZAHRA RAFIA RANI.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan yang dilatarbelakangi bahwa supervisi kepala madrasah berkewajiban melakukan pengkoordinasian seluruh kegiatan madrasah dengan menghubungkan seluruh pegawai yang ada didalamnya guna meningkatkan proesionalisme guru, keselarasan dan kerjasama. Dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum dan kesiswaan, dan para guru maupun pegawai di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik penjamin keabsahan data dengan cara triangulasi data, transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini yaitu 1) Bahwa peran supervisi kepala madrasah dalam menyusun perangkat pembelajaran di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan melibatkan seluruh pihak dalam organisasi dengan musyawarah.Selain itu juga kepala madrasah juga melakukan rapat dengan para guru untuk diberi masukan atas kekurangan dan kelebihan dalam mengajar. 2) bahwa peran supervisi dalam penguasaan materi guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan sudah sesuai dengan kemampuan profesional guru dalam penguasaan materi. Tapi masih ada juga beberapa guru yang kurang mumpuni di bidangnya masing-masing. 3) bahwa peran supervisi kepala madrasah dalam metode pembelajaran guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan walaupun latar belakang pendidikan guru berbeda-beda, tetapi guru disini berupaya untuk meningkatkan peneguasaan metode pembelajaran mereka sendiri. Selain itu juga kepla madrasah tetapi ikut andil dalam meningkatkan penguasaan metode pembelajaran guru di madrasah itu. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al Washliyah Ismailiyah Medan yang menjadi faktor dukungan utama adalah dengan adanya kerjasama baik kepala madrasah dengan guru, dan guru dengan guru. Baik dalam usaha formal maupun usaha non-formal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:53
Last Modified: 07 Dec 2022 07:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16514

Actions (login required)

View Item View Item