Pengembangan Media Arga Tara dalam Pembelajaran IPS Tema 1 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV di MIS Al-Anwar Kecamatan Medan Tembung

Hasibuan, Salsabila (2022) Pengembangan Media Arga Tara dalam Pembelajaran IPS Tema 1 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV di MIS Al-Anwar Kecamatan Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DOC-20221017-WA0023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media Arga Tara (ular tangga nusantara) dalam pembelajaran IPS Tema 1 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV di MIS Al-Anwar Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MIS Al-Anwar Medan Tembung. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket, instrumen tes, instrumen respon peserta didik, dan instrumen respon guru. Sumber data yang yang dikumpulkan berupa data kuantitatif lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui teknik persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu : 1) Pengembangan media Arga Tara (ular tangga nusantara) materi keberagaman budaya di Indonesia. 2) Uji validitas media Arga Tara memperoleh skor 87% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli media, memperoleh skor 91% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli isi/materi, dan memperoleh skor 100% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh guru. 3) Uji kepraktisan media Arga Tara (ular tangga nusantara) memperoleh skor 99% berdasarkan uji coba tahap awal dengan kategori sangat layak, memperoleh skor 95% berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sangat layak, dan memperoleh skor 91% berdasarkan respon guru dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan pengembangan media Arga Tara (ular tangga nusantara) dalam pembelajaran IPS tema 1 subtema 1 bagi siswa kelas IV SD/MI sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Arga Tara (Ular Tangga Nusantara), keberagaman budaya Indonesia.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:07
Last Modified: 07 Dec 2022 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item