Pengembangan Media Pembelajaran Interactive dengan PowerPoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa di SMP N 5 Satu Atap Halongonan

Rahmadani, Suci (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interactive dengan PowerPoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa di SMP N 5 Satu Atap Halongonan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interactive dengan powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di kelas VII SMP N 5 Satu Atap Halongonan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, kelayakan, dan keparktisan media yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah statistika penyajian data untuk kelas VII SMP N 5 Satu Atap Halongonan. Subjek dalam penilitian ini ialah pesera didik kelas VII SMP N 5 Satu Atap Halongonan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menghasilkan suatu produk dalam bidang kemampuan tertentu, yang diiringi produk sampingan tertentu dan mempunyai efektifitas dari suatu produk tersebut. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall, penelitian pengembangan merupakan proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Tahapan proses dalam penelitian dan pengembangan ini membentuk siklus yang konsisten untuk menghasilkan suatu produk tertentu sesuai dengan kebutuhan melalui langkah-langkah tertentu diantaranya mendesain produk awal, uji coba produk awal untuk menemukan berbagai kelemahan, perbaikan produk, uji coba produk yang telah diperbaiki, perbaikan produk kembali sampai didapatkan produk akhir yang baik. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penilitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor persentase kelayakan oleh ahli media yaitu 100% dan oleh ahli materi yaitu 87,5% dengan kategori layak. Dari data angket respon guru juga dapat dilihat bahwa guru menilai media pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan mencapai persentase sebesar 91%. Serta menurut respon siswa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan presentase sebesar 92%. Media pembelajaran yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria sangat paraktis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:17
Last Modified: 05 Dec 2022 07:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item