Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang diajarkan dengan Model Challenge Based Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot dan Pembelajaran Langsung di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan

Utari, Dwina Yulanda (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang diajarkan dengan Model Challenge Based Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot dan Pembelajaran Langsung di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan aplikasi Kahoot dan pembelajaran langsung pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu tipe non-equivalent control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan dengan jumlah sampel 32 siswa pada kelas kontrol yaitu kelas VIIIA dan 31 siswa pada kelas eksperimen yaitu kelas VIIIB . Instrumen penelitian berupa tes berbentuk uraian. Data analisis deskriptif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan aplikasi Kahoot dan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan, (2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan aplikasi Kahoot dan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Dengan hasil perhitungan yaitu pada kemampuan berpikir kreatif diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 4,412 dan ttabel = 1,9996. Kemudian pada kemampuan penalaran matematis thitung > ttabel yakni thitung = 11,718 dan ttabel = 1,9996. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan aplikasi Kahoot dan pembelajaran langsung pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Penalaran Matematis, Challenge Based Learning, Kahoot
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:45
Last Modified: 05 Dec 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16437

Actions (login required)

View Item View Item