Kebijakan Kepala Madrasah dalam Pengadaan Sarana Prasarana Pendidikan di MAN 3 Medan

Fazariah, Nurul (2022) Kebijakan Kepala Madrasah dalam Pengadaan Sarana Prasarana Pendidikan di MAN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover- Nurul Fazariah.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB I- Nurul Fazariah.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II- Nurul Fazariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III- Nurul Fazariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV- Nurul Fazariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- Nurul Fazariah.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran- Nurul Fazariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengadaan Sarana Prasarana Pendidikan Di MAN 3 Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Medan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi. Terkait penelitian ini pneliti menemukan bahwa keadaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di MAN 3 Medan masih minim dengan kondisi rusak ringan dan rusak berat hal tersebut terjadi karena kurangnya kebijakan kepala madrasah dalam manajemen sarana prasarana di madrasah tersebut. Secara umum berikut yang menjadi hasil penelitian ini adalah : (1) Kebijakan yang dilakukan kepala madrasah dalam pengadaan sarana prasarana pendidikan, ini dilakukan dengan memonitoring wakamad bidang sarpras. Selain itu kebijakan lainya terkait sarana prasarana yaitu kebijakan distributif, regulatif, dan ekstraktif masih belum sepenuhnya terlaksana. (2) Mekanisme pengadaan sarana prasarana pendidikan di MAN 3 Medan adalah berpatokan pada dana BOS dan dana komite madrasah, tidak ada lembaga luar yang memberikan madrasah tersebut bantuan selain dana tersebut. Pengadaan sarana prasarana pendidikan ini dilakukan secara kondisional, tidak sesuai jangka tahunan ataupun bulanan terkhusus pada sarana prasarana pendukung pembelajaran seperti bangku dan meja. (3) Hambatan kepala madrasah dalam pengadaan sarana prasarana pendidikan di MAN 3 Medan ini terjadi karena faktor minimnya dana yang dimiliki madrasah tersebut, namun pada bagian ini beberapa responden juga mengatakan karena kurangnya kepedulian pemimpin terhadap prestasi peserta didik sehingga masalah dana tidak dapat diatasi dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kepala Madrasah, Pengadaan Sarana Prasarana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:38
Last Modified: 05 Dec 2022 04:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item View Item