Penerapan Strategi Pembelajaran SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf di Kelas IVMIS Bidayatul Hidayah Percut Sei Tuan

Harahap, Amir Hamzah (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf di Kelas IVMIS Bidayatul Hidayah Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa kelas IV sebelum diterapkannya strategi pembelajaran SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2) Hasil belajar setelah diterapkannya strategi pembelajaran SQ3R mata pelajaran Bahasa Indonesia; 3) Bagaiman respon siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunkana strategi pembelajaran SQ3R. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleks. Penelitian ini dilakukan di MIS Bidayatul Hidayah Percut Sei Tuan. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : 1) Dari segi kognitif terlihat ada perubahan mulai dari pre test awal sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa hanya berkisar (11,76%) yang tidak tuntas berkisar (88,23%) pada post test siklus 1 ketuntasan siswa berkisar (47,05%) dan yang tidak tuntas berkisar (52,49%) pada post test siklus 2 ketuntasan siswa berkisar (82,35%) dan yang tidak tuntas berkisar (17,64%); 2) Dari Segi Afektif terlihat ada perubahan dari kegiatan diskusi yang terlihat ketika kegiatan pembelajaran berlangsung; 3) Dari segi psikomotorik terlihat perubahan siswa pada saat dilakukan kegiatan diskusi kelompok pada siklus 1 siswa masih tidak berani untuk mengemukakan pendapat di depan kelas kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus terlihat diskusi kelompok mau pun diskusi kelas berjalan cukup baik dengan ditandai siswa yang mulai berani untuk mengemukan pendapat dan menjawab pertanyaan dari temannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran SQ3R
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:15
Last Modified: 28 Nov 2022 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16380

Actions (login required)

View Item View Item