Dalimunthe, Nur Ainun (2022) Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri 02 Hutagodang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Download (452kB) |
|
Text
BAB II Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text
BAB III Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V Skripsi Nur Ainun Dalimunthe.pdf Download (248kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sesuai dalam rumusan masalah, tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Materi pembelajaran bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri 02 Hutagodang Kabupaten Labuhanbatu Selatan 2) Model pembelajaran bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri 02 Hutagodang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mengarah pada penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Sumber data primer dalam penelitian skripsi ini ialah guru bahasa Indonesia kelas IV sedangkan sumber data sekunder dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru lainnya serta siswa dan siswi kelas IV, dalam proses pengumpulan data didalam penelitian ini menggunakan tiga pengumpulan data yaitu: a) observasi semi partisipan, b) wawancara semi terstruktur, c) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan cara: a) reduksi data, b) penyajian data, c) kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV di UPTD SD Negeri 02 Hutagodang yaitu: a) pembelajaran bahasa Indonesia yang di ajarkan oleh guru kelas IV sudah menerapkan materi dalam kurikulum 2013 sesuai materi yang terdapat dalam buku ajar, dengan tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan KD, Indikator dalam Silabus dan RPP, b) materi yang disampaikan oleh guru wali kelas saat mengajar di kelas IV terdapat dalam buku ajar mulai dari Tema 1 sampai Tema 9, c) dalam silabus kelas IV terdapat kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.2) Model pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV di UPTD SD Negeri 02 Hutagodang yaitu: a) Model Pembelajaran Mind Mapping, Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Demostration, Model Pembelajaran Picture and Picture, Model Pembelajaran Membaca Berpikir Terarah dan Model Pembelajaran Tanya Jawab, b) Cara guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sudah sesuai dengan kompetensi tujuan pembelajaran dan guru sudah mampu dalam melaksanakan pembelajaran
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 05:11 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 05:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16326 |
Actions (login required)
View Item |