Pengembangan Modul Digital pada Pembelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial berbasis Drill and Practice

Utari, Kania (2022) Pengembangan Modul Digital pada Pembelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial berbasis Drill and Practice. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (843kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan ketertarikan peserta didik SMP Swasta Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi kelas VII terhadap pembelajaran Matematika masih rendah. Adanya pemasalahan tersebut, menjadi salah satu bukti bahwa masih rendahnya kualitas pembelajaran Matematika disekolah tersebut. Agar kualitas pembelajaran peserta didik menjadi lebih baik dan akan menimbulkan dampak positif pada hasil belajarnya dibutuhkanlah inovasi sumber belajar yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar menjadi aktif khususnya pada pembelajaran Matematika. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan pendidik ialah modul pembelajaran berbentuk digital. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan Modul Digital pada pembelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial berbasis Drill and Practice. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yaitu menggunakan model pengembangan 4D dan menghasilkan produk berupa modul digital yang kemudian divalidkan oleh ahli dan diuji kepraktisan serta keefektifannya. Modul divalidkan oleh 3 dosen UINSU Medan yang ahli pada bidang materi, media, dan bahasa. Kemudian, modul yang sudah divalidasi tersebut diuji kepraktisannya dengan melibatkan siswa dan guru matematika kelas VII. Pengujian keefektifan Modul digital pada penelitian ini dilakukan menggunakan hasil pretest dan post-test yang kemudian dianalisis menggunakan N-gain Score untuk mengetahui tingkat keefektifannya. Modul yang dikembangkan memiliki kevalidan yang sangat baik dari segi materi, media, dan bahasa. Hal ini didapatkan dari penilaian ahli materi dan ahli media yang mendapat rata-rata skor yaitu 3,64 dan ahli bahasa mendapat 3,56. Modul ini juga merupakan modul yang sangat praktis dengan tingkat kepraktisan di atas 80% serta terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan N-gain score yaitu 0,3635 kriteria kenaikan sedang

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:49
Last Modified: 15 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item