Analisis Metode Tarjamah kitab Bajuri Juz 1 Kelas 3 Aliyah Pondok Pesantren Raudhatusshalihin Kutacane Aceh Tenggara

Hayati, Sakinah (2022) Analisis Metode Tarjamah kitab Bajuri Juz 1 Kelas 3 Aliyah Pondok Pesantren Raudhatusshalihin Kutacane Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Sakinah Hayati.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Sakinah Hayati.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Sakinah Hayati Arb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Sakinah Hayati Arb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Sakinah Hayati Arb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Sakinah Hayati Arb.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi Sakinah Hayati Arb.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode tarjamah kitab bajuri juz 1 dalam memahami bahasa arab, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung guru dalam proses menterjemahkan kitab bajuri juz 1 di kelas 3 Aliyah Pondok Pesantren Tradisional Raudhatusshalihin Kutacane Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode tarjamah kitab bajuri juz 1 di kelas 3 Aliyah Pondok Pesantren Tradisional Raudhatusshalihin Kutacane Aceh Tenggara, pertama guru membaca materi yang akan diajarkan, kedua mengidentivikasi gramatika terhadap tesk dan struktur kalimat dan terjemah, kemudian membaca dan sesi tanya jawab. Dalam pelaksanaan tahapan metode yang telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, namun masih banyak santri belum bisa memahami Bahasa arab melalui metode tarjamah beberapa faktor penghambat (1) Latar belakang santri yang berdeda-beda sehingga menyulitkan guru dalam penyampaian materi. (2) Kurangnya kosa kata yang di ketahui santri. (3) Santri kurang memahami kaidah-kaidah Nahwu – Shorof. (4) Padatnya kegiatan santri di luar kelas sehingga membuat santri kurang focus dalam belajar. Adapun faktor pendukung guru dalam mengajar melalui metode tarjamah ini ialah tersedianya sumber belajar atau sumber ilmu sehingga tujian pembejaran bisa tercapai, dan tak kalah penting adalah tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap akan mendukung proses pembelajaran dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:14
Last Modified: 14 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

View Item View Item