Strategi Guru Unruk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo

Syahputri, Rizka (2022) Strategi Guru Unruk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover D-Lampiran

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 2) Strategi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi, 4) Masalah yang dihadapi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Alwashliyah Kecamatan Berastagi. Penelitia ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wali Kelas dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi, sedangkan penyajian keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran sudah mulai dikembangkan dan sudah cukup baik. Guru sudah mampu menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi agar dapat memberikan semangat belajar siswa, menghindari kebosanan dan kejenuhan dalam proses belajar mengajar, 2) Penerapan strategi mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh dengan keaktifan siswa dan suasana belajar siswa di dalam kelas. Siswa cenderung lebih aktif untuk bertanya dan lebih sigap dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, 3) Adapun pendukung diterapkannya strategi pembelajaran adalah kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru yang berusaha mengembangkan kualitas mengajar yang baik dan saling berbagi informasi terbaru terkait hal tersebut, dan guru dimudahkan dalam mengelola kelas, 4) Adapun kendala yang dihadapi guru saat diterapkannya strategi pembelaajran ialah masih kurangnya pengatahuan guru tentang variasi strategi pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sekolah dan masih kurangnya media pembelajaran. Mengetahui.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:43
Last Modified: 14 Nov 2022 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item