Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miftahul Jannah, Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kawakib, Lutfia Rahmi (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miftahul Jannah, Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun merupakan suatu hal yang penting untuk perkembangan peserta didik tersebut ke jenjang pendidikan berikutnya, maka dibutuhkan strategi khusus bagi para guru untuk bisa meningkatkan kemampuan berhitung siswanya yang berusia 5-6 tahun. Apalagi saat ini Indonesia sedang berada di masa pandemi Covid 19, maka para pendidik harus mempersiapkan strategi pembelajaran yang bisa digunakan saat masa normal dan masa pandemi saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni, (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Jannah, (2) Apa saja faktor pendukung Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 tahun di RA Miftahul Jannah, (3) Apa saja faktor penghambat Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Jannah pada masa pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan memakai metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa kesimpulan yaitu: (1) Strategi yang digunakan oleh para guru di RA Miftahul Jannah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa terbagi menjadi tiga strategi umum yaitu Strategi Pengenalan Konsep Bilangan, Strategi Praktik Terbimbing, dan Strategi Permainan. Ketiga strategi ini bisa dilakukan secara daring maupun luring, (2) Faktor Pendukung dalam strategi guru meningkatkan kemampuan berhitung siswa usia 5-6 tahun di RA Miftahul Jannah setidaknya terdiri dari tiga faktor yaitu Fasilitas Sekolah yang cukup lengkap, Dukungan dari seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan RA, dan faktor pendukung terakhir yakni Kualitas guru di RA Miftahul Jannah yang mumpuni, (3) Faktor penghambat yang menjadi hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa usia 5-6 tahun di RA Miftahul Jannah terdapat tiga hambatan secara umum yakni Masa pandemi Covid 19, Keadaan Siswa, dan faktor penghambat terakhir yakni sulitnya mencari bahan pendukung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:37
Last Modified: 14 Nov 2022 07:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item View Item