Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Perubahan Wujud Benda

Alvina, Dian (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Perubahan Wujud Benda. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-dianpgmi.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB I-dian pgmi.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II- dian pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III-dian pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV-dian pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V-dian pgmi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dian pgmi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keterampilan peserta didik dalam menemukan konsep yang berorientasi proses. Keterampilan ini dibutuhkan oleh peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep melalui pembelajaran discovery learning. Dengan mengaplikasikan model pembelajaran discovery learning mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan proses sains, sehingga peneliti berinisiatif mengembangkan LKPD berbasis discovery learning yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan persentase rata-rata 95% dengan kategori sangat layak. Pada uji kepraktisan berdasarkan penilaian respon guru dengan persentase 95% dengan kategori sangat praktis dan penilaian respon peserta didik dengan persentase 95,05% dengan kategori sangat praktis. Pada uji efektitifas berdasarkan N-Gain Score dengan rata-rata persentase 61% dengan kategori efektif, sehingga dapat disimpulkan LKPD berbasis discovery learning pada materi perubahan wujud benda dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merekomendasikan untuk peneliti selanjutnya mengembangkan LKPD berbasis discovery learning dengan keefektifan yang lebih baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:10
Last Modified: 09 Nov 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16258

Actions (login required)

View Item View Item