Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 213 Hutarimbaru

Lubis, Hilda Mora (2022) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 213 Hutarimbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI HILDA.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB I HILDA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II HILDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III HILDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV HILDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB V HILDA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HILDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara serta metode dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari penelitian tersebut dihasilkan temuan sebagai berikut : 1) Peran guru di SD Negeri 213 Hutarimbaru dalam membentuk karakter sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan menjadi inisiator, motivator dan menjadi teladan yang baik bagi siswa, dengan adanya RPP di saat pembelajaran serta menguasai materi saat proses belajar mengajar berlangsung membuat pembelajaran lebih aktif dan efisien dan dengan ide-ide baru yang dilakukan oleh pendidik (guru) dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa serta kreatifitas siswa. Peran guru sangat mendukung keberhasilan siswa apalagi di dalam pembentukan karakter siswa.karena guru dituntut untuk menyampaikan ilmunya kepada siswa, menasehati dan mengarahkan siswa kepada perilaku yang lebih baik. Peran guru dalam bentuk keteladanan seperti ketepatan waktu saat hadir di sekolah, motivator yang diberikan guru yaitu memberikan semangat kepada siswa, inspirator yang dilakukan guru dengan menambah wawasannya agar lebih unggul, dan evaluator yang diberikan guru dengan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengoreksi jawaban tugas ataupun PR secara sendiri sebagai pembentukan karakter jujur. 2) Hambatan guru dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di Sd Negeri 213 Hutarimbaru adalah faktor eksternal seperti pergaulan masyarakat setempat siswa dan dukungan orangtua yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa adalah lingkungan sekolah yang selalu mendukung pembentukan karakter siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:35
Last Modified: 08 Nov 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16247

Actions (login required)

View Item View Item