Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II di SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung

Yana, Nisa Indra (2022) Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II di SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: Tingkat kevalidan, kepraktisandan keefektifan pengembangan media scrapbook untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengguankan pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda terdapat 5 langkah. 1) Tahap Analyze, yaitu menganalisis pentingnya media yang digunakan 2) Tahap Design, yaitu mulainya perancangan pada media 3) Tahap Development, yaitu pengembangan media yang akan divalidasi oleh dosen ahli dan guru 4) Tahap Implementation, yaitu kegiatan penelitian dengan bantuan media yang telah dikembangkan 5) Tahap Evaluation, tahap terakhir dengan melakukan perbaikan pada media berdasarkan masukan yang didapat pada angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner (angket) dan Tes Pencapaian Pemahaman (Pre-test dan Post-test). Hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan kevalidan dari penilaianahli materi terhadap media produk dengan persentase sebesar 93,33%. Penilaian ahli media terhadap media produk dengan persentase sebesar 92,72%, 2) untuk kepraktisan produk mendapatkan hasil dari respon siswa skala kecil persentase sebesar 97,6% pada hasil respon siswa skala besar persentase sebesar 98,4% sertahasil dari angket guru persentase sebesar 100% skor ini disesuaikan pada tabelkriteriakepraktisan, 3) keefektifan produk dilihat dari sebelum menggunakan produk hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 68,06 sedangkan nilai rata-rata sesudah penggunaan produk adalah 93,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:11
Last Modified: 07 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item View Item