Sari, Endang Wahyana (2022) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pkn Kelas V SDN 101380 Batang Pane III Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Download (883kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Download (203kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ENDANG WAHYANA SARI (0306183187).pdf Download (746kB) |
Abstract
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini mengetahui: (1)Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 101380 Batang Pane III Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, (2)Mekanisme pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 101380 Batang Pane III Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilakuyang diamati. Data primer dalam penelitian ini adalah guru wali kelas V sedangkan data sekunder dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V serta siswa-siswi kelas V, dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu: a)observasi semi partisipan, b)wawancara semi terstruktur, dan c)dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis dengan cara: a)reduksi data, b)penyajian data, dan c)kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa: 1)Pembelajaran Pkn di Kelas V SD Negeri 101380 Batang Pane IIImenggunakan Materi dan fokus pembelajaran PKn yang disesuaikan dengan buku pelajaran Tema Kurikulum 2013, penggunaan metode dalam proses belajar mengajar disesuaikan dengan kecocokan materi pelajaran, dominan menggunakan metode ceramah, menggunakan model pembelajaran diskusi, Tujuan pembelajaran Pkn yakni menciptakan siswa yang cerdas, terampil, bijaksana, dan berkarakter. 2)Mekanisme pendidikan karakter dalam pembelajaran Pkn di Kelas V yakni, Latar belakang pendidikan karakter adalah Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila sedangkan yang menjadi landasan pendidikan karakter adalah Al-qur’an dan hadist. Metode pendidikan karakter yang digunakan adalah pemberian pemahaman, menjadi suri tauladan dan pembinaan kembali karakter siswa. Tujuan pendidikan karakter yaitu membentuk akhlak siswa agar menjadi siswa yang berakhlak mulia, disiplin, bermoral dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter telah diintegrasikan kedalam setiap mata pelajaran, pendidikan karakter telah diintegrasikan dalam pembelajaran PKn.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pkn, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 03:24 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 03:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16228 |
Actions (login required)
View Item |