Pengembangan Media Pembelajaran Si Meja (Membaca Mengeja) dengan Kartu Suku Kata Pada Membaca Permulaan Siswa Hamparan Perak Kab. Deli Serdang

Purba, Ela Safira (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Si Meja (Membaca Mengeja) dengan Kartu Suku Kata Pada Membaca Permulaan Siswa Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Cover (1) yang benar.pdf

Download (765kB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Bab II ....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Bab III ...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi Ela Safira Purba - Daftar Pustaka (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Membaca adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan manusia. Dari membaca seseorang bisa mendapatkan informasi secara tepat dan cepat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan si meja (membaca mengeja) dengan kartu suku kata pada membaca permulaan, mengetahui kepraktisan si meja (membaca mengeja) dengan kartu suku kata pada membaca permulaan, dan mengetahui keefektifan si meja (membaca mengeja) dengan kartu suku kata. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDN 101747 Klumpang Kebun Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan (R & D) yang di adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara angket validator, lembar observasi dan dokumnetasi. Hasil penelitian ini mendapat skor persentasi media kelayakan 91% dinyatakan “sangat layak” penilain oleh ahli materi mendapat skor presentasi kelayakan 80% dinyatakan “layak”. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pertama penilaian produk oleh guru UPT SPF SDN 101747 80% dinyatakan “sangat layak” . sedangkan pada tahap uji coba peserta didik mendapat persentase 85,18%. Pada tahap uji keefektivan si meja (membaca mengeja) dengan kartu suku kata mendapat skor presentasi 84,45% dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas maka guru sebaiknya lebih kreatif untuk menciptakan atau mengembangkan media pembelajaran untuk menarik perhatian belajar peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:17
Last Modified: 04 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item