Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II Sd Muhammadiyah 09 Medan

Faadilah, Puspa Inaayah (2021) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II Sd Muhammadiyah 09 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Pada Mata Pelajaraan Bahasa Indonesia Di Kelas II SD Muhammadiyah 09 Medan Perjuangan Sumatera Utara”, Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak membaca dan menulis di kelas II SD Muhammadiyah 09, (2) Apa saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak untuk membaca dan menulis di kelas II SD Muhammadiyah 09. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berupa data-data tertulis maupun lisan dari orang-orang yang berkaitan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 09 serta orang tua murid kelas II di SD Muhammadiyah 09. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode alami, yaitu: observasi tidak terstruktur, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak membaca dan menulis di kelas II SD Muhammadiyah 09, yaitu: a) Orang Tua sebagai pendidik bagi anaknya, b) Orang Tua sebagai pelindung, c) Orang Tua sebagai motivator, d) Orang Tua sebagai fasilitator, e) Orang Tua sebagai pembimbing anak dalam belajar. (2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak untuk membaca dan menulis di kelas II SD Muhammadiyah 09, yaitu: a) faktor pendukung, yang terdiri dari adanya kerjasama antar keluarga dalam satu rumah, serta adanya ketegasan dari orang tua b) faktor penghambat, permasalahan yang berasal dari siswa dan bisa mencakup kondisi lingkungan tempat tinggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:40
Last Modified: 03 Nov 2022 06:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16192

Actions (login required)

View Item View Item