Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Artika, Adelia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skripsi (1).pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dengan menggunakan buku, spidol, dan papan tulis membuat siswa bosan karena media yang digunakan kurang menarik. Hal ini dapat menurunkan hasil belajar siswa. Selain itu, guru belum memanfaatkan media teknologi dalam pembelajaran, terutama media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Sehingga penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Esa Prakarsa sebanyak 16 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh adalah (1) Tingkat kevalidan dari ahli materi rata-rata persentase 94% dengan kriteria “sangat valid” dan ahli media rata-rata persentase 66,7% dengan kriteria “valid”. (2) Tingkat kepraktisan dari respon siswa kelompok kecil rata- rata persentase 86,7% dengan kriteria “sangat praktis” dan kelompok besar rata-rata persentase 83,6% dengan kriteria “sangat praktis”. (3) Tingkat keefektifan dari tes hasil belajar yaitu pre test dan post test mengalami peningkatan dengan ketuntasan 75%, serta uji N-Gain memperoleh rata-rata 0,54014 dengan kriteria “sedang” atau “efektif”.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Adobe Flash
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:44
Last Modified: 03 Nov 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item View Item