Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Pesrta Didik Di Kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang

Hasibuan, Herpiliyana (2022) Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Pesrta Didik Di Kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover .pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (623kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan dalam membentuk karakter siswa di kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan dari strategi yang diterapkan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik di kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan 3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru kelas dalam menyikapi hambatan dalam penerapan strategi yang diterapkan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik di kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif karena memenuhi prosedur penelitian berupa kata-kata secara langsung dari informan dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dilapangan. Wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, wali kelas IV, dan guru kelas IV SD Negeri 0101 Sibuhuan dengan instrumen kertas yang berisi daftar pertanyaan dan handphone untuk merekam hasil wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi guru kelas dalam pembentukan karakter siswa adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, melibatkan partisipasi siswa secara aktif, model atau contoh dalam berperilaku positif, memberikan tugas kepada peserta didik dan membentuk keterampilan sosial dan emosional siswa. Guru juga menemui beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi dalam membentuk karakter siswa, adapun faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana, dan komunikasi pihak sekolah dengan orang tua siswa. Selain faktor pendukung tersebut, guru juga menemui beberapa faktor penghambat diantaranya adanya keterbatasan waktu, minimnya perhatian orang tua siswa, dan pengaruh lingkungan luar. Adapun beberapa upaya yang dilakukan guru kelas dalam menyikapi hambatan dari pelaksanaan strategi dalam membentuk karakter siswa yaitu, mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran dan menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:17
Last Modified: 03 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16176

Actions (login required)

View Item View Item