Implementasi PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang

Hafiz, Tanzil (2021) Implementasi PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ BAB 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ BAB 5.pdf

Download (312kB)
[img] Text
SKRIPSI TANZIL HAFIZ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga, Efektivitas pelaksanaan PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga, Kelebihan PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga serta Kendala dalam pengimplementasian PAIKEM Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas V SDN 101861 Desa Tadukan Raga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Instrument utama dalam mengumpulkan data yaitu: pedoman observasi, pedomaan wawancara dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 101861 desa Tadukan Raga, jumlah peserta didik 24 orang dengan kepala sekolah dan satu orang guru kelas sehingga jumlah total sebanyak 26 informan. Hasil penelitian ini adalah (1) pada umumnya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAIKEM) telah di implementasikan di kelas V SDN 101861 desa Tadukan Raga, (2) efektivitas pengimplementasian PAIKEM diantaranya seperti peningkatan motivasi peserta didik, serta guru yang profesional dapat mendorong terjadinya perubahan bila terjadi kesenjangan antara teori di satu pihak dan praktik di pihak lain.(3) Kelebihan pengimplementasian PAIKEM diantaranya adalah pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik relevan dengan tingkat perkembangannya,kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.(4)Kendala pengimplementasian PAIKEM diantaranya adalah motivasi belajar peserta didik, serta juga kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PAIKEM, Pembelajaran PPKn.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:54
Last Modified: 01 Nov 2022 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item View Item