Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas V SD

Astuti, Nila (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NILA ASTUTI.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instuction Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN kelas V SD”, yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran PKN di SDN 307 Sikumbu Kec.Lingga Bayu Kab. Mandailing Natal, ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran pendidik masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan menerapkan model Explicit Instruction, 2) Penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction, 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN materi Kebebasana berorganisasi Kelas V SDN 307 Sikumbu Kec Lingga Bayu Kab Mandailing Natal. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 307 Sikumbu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing. Natal. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh anggota kelas V SDN 307 Sikumbu yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa, instrumen tes yang digunakan adalah pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan analisis uji Paired Sample T-test. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pada pretest sebesar 48,50 dan post test sebesar 74,00. (2) hasil belajar dengan diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 43,50 dan posttest sebesar 76,50. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN kelas V SD 307 Sikumbu. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000< 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 05:33
Last Modified: 01 Nov 2022 05:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item