Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Talking Stick dan Talking Chips Siswa VII SMP Swasta Muhammadiyah Kabanjahe

Dania, Rama (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Talking Stick dan Talking Chips Siswa VII SMP Swasta Muhammadiyah Kabanjahe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Talking Stick dan Talking Chips Siswa VII SMP Swasta Muhammadiyah Kabanjahe Tahun 2021/2022”, yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika cukup memprihatikan dan kegaitan pembelajaran yang berlangsung di kelas tatap muka terbatas pada kegiatan menyimak dan berceramah saja. Padahal, tuntutan kurikulum kemampuan yang hendak dicapai adalah berpikir tingkat tinggi atau sering disebut HOT. Metologi penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP Swasta Muhammadiyah Kabanjahe dengan jumlah sampel terdiri dari 2 kelas eksperimen dengan masing-masing terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan dengan teknik random. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan soal tes. Alat untuk pengolah data validitas menggunakan rumus Lilliefors dan analisisnya menggunakan Uji-T. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika, (2) Metode talking stick dan talking chips memacu semangat siswa untuk belajar, (3) adanya vi perbedaan terkait metode yang digunakan dengan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka metode pembelajaran yang digunakan pada siswa, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, metode talking stick, metode talking chips
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:04
Last Modified: 31 Oct 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item