Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI

Hasibuan, Khoirun Nisa (2022) Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan saat pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan suatu strategi saat pembelajaran perlunya memperhatikan kondisi self efficacy seorang siswa. self efficacy merupakan bentuk keyakinan seorang individu terhadap kemampuannya. Terdapat tiga faktor yang dapat mempengaruhi self efficacy siswa yaitu : (1) Pengalaman belajar, (2) Pengamatan terhadap orang lain, dan (3) Persuasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kondisi self efficacy siswa kelas IV MIS Al-Afkari Batang Kuis. (2) Mendeskripsikan strategi guru kelas saat mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menguraikan, menceritakan, fenomena yang terjadi di lapangan. Sehingga peneliti dituntut keterlibatan secara langsung di lokasi penelitian, yaitu di MIS Al-Afkari Batang Kuis. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan kondisi self efficacy siswa kelas IV MIS Al-Afkari sudah bagus, hal ini dikarenakan siswa sudah berani menjawab pertanyaan, percaya diri saat mengerjakan tugas pembelajaran, tidak mudah menyerah saat mengerjakan tugas yang sulit. (2) Kaitannya dengan strategi guru dalam menumbuhkan self efficacy siswa, ada beberapa hal yang dilakukan guru kelas dalam hal ini antara lain: (a) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai bentuk persiapan pada pembelajaran tematik. (b) Pemberian motivasi sebagai bentuk penyampaian pada strategi belajar. (c) Praktek melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti membentuk kelompok untuk diskusi, bertanya atau menjawab pertanyaan, dan meminta siswa secara bergantian untuk memimpin doa agar semakin berani tampil di depan kelas. (d) Penampilan hasil belajar terealisasi dalam evaluasi dan penilaian dari guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:25
Last Modified: 18 Oct 2022 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16050

Actions (login required)

View Item View Item