Pengembangan Strategi Question Students Have Berbantuan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 43 Medan

Sk, Syilfy Adha (2022) Pengembangan Strategi Question Students Have Berbantuan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 43 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SYILFY ADHA SK.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB 1_SYILFY ADHA SK.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB II_SYILFY ADHA SK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB III_SYILFY ADHA SK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV_SYILFY ADHA SK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SYILFY ADHA SK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SYILFY ADHA SK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dilatarbelakangi pada permasalahan kurangnya keaktifan siswa ketika mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan media pembelajaran. Sehingga penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan mengembangkan strategi Question Students Have pada media pembelajaran Google Classroom. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah Aritmatika Sosial. Subjek dalam penilitian ini ialah pesera didik kelas VII-1 SMP Negeri 43 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan strategi pembelajaran. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development Implementation, Evaluation). Dilakukannya penelitian guna untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan, kevalidan dan keefektifan strategi yang dikembangkan. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan ialah angket validator ahli media, ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Dengan skor persentase kevalidan oleh ahli media yaitu 3,78 dan ahli materi yaitu 3,75 dengan kategori sangat valid. Validasi perangkat pembelajaran yang berupa RPP memperoleh skor 3,56 dan validasi skenario pembelajaran memperoleh skor 3,6 sehingga perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan. Pengembangan strategi pembelajaran juga dapat dinyatakan efektif dengan hasil skor 3,77 dari angket respon guru dan 3,71 dari hasil angket respon siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan yang dilakukan dinyatakan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, Google Classrom, aritmatika sosial, ADDIE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:04
Last Modified: 17 Oct 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16031

Actions (login required)

View Item View Item