Analisis Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat

Romadhani, Putri Syahri (2022) Analisis Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER PUTRI.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat, (2) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 17 Bilah barat, (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang dimana menggambarkan dan menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendeskripsikan tentang faktor-faktor penghambat keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 15 dari 23 siswa di kelas V-B SD Negeri 17 Bilah mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca.Penghambat yang membuat siswa kelas V-B sulit dalam keterampilan membaca yaitu belum bisa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan, belum bisa memahami teks bacaan, belum bisa mengkalsifikasi informasi yang didapat dari teks bacaan. Adapun faktor-faktor penghambat keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat yaitu: (1) kurangnya minat belajar membaca, (2) kurangnya dukungan dari orangtua dalam belajar membaca, (3) metode dan media belajar keterampilan membaca kurang bervariasi. Faktor pendukung keterampilan membaca siswa yaitu adanya buku paket sebagai buku pegangan siswa dan buku penunjang dari perpustakaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Mind mapping merupakan solusi yang baik digunakan pada saat pembelajaran keterampilan membaca di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat untuk memudahkan mapping merupakan solusi yang baik digunakan pada saat pembelajaran keterampilan membaca di kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat untuk memudahkan siswa dalam memahami teks bacaan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:51
Last Modified: 17 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item